Monday, May 11, 2015

Billboard di jalan tol

Setiap perusahaan pasti mau meningkatkan brand equity dengan bermacam-macam cara, nah salah satu kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan biasanya menggunakan billboard. Nah penggunaan billboard ini banyak banget digunain perusahaan dimana-mana, nih contohnya :


Billboard khususnya dijalan tol banyak banget kita liat jika sedang menggunakan jalan tol untuk menuju tempat tujuan, Tapi pertanyaannya seberapa efektif sih billboard di jalan tol? Gw pernah ngeliat billboard di jalan tol yang ukurannya kecil. kurang lebih seperti ini...


Gw sendiri sbenernya bingung manfaat billboard dengan lokasi di jalan tol ukuran kecil, siapa yang lihat billboard kecil sgitu dengan kecepatan rata-rata di jalan tol kalo kosong 100km/jam++. Kalau emang kita tertarik untuk lihat masa harus melambatkan mobil dulu? Emang sih biaya pasang iklan billboard dijalan tol ga murah dikarenakan traffic yg tinggi... Tapi kalau gunanya untuk menghemat budget promosi tapi ga berguna untuk apa?? Malah yang ada merk perusahaan atau produk perusahaan ga ada yang peduli atau lirik.

Kalau menurut gw sih ada beberapa hal penting yg harus dipertimbangkan saat memilih billboard di tol:
1. Yang penting banget tuh ukuran, jangan pasang billboard ukuran kecil di jalan tol yang kondisi trafficnya jalan cepet diatas 100km/jam. Kalo billboard kecil di dekat tempat dmana kendaraan harus melambat ya masih oke walau masih ada hal lain yg harus di pertimbangkan (kaya ukuran tulisan)

2. Lokasi, jangan pasang billboard yang lokasinya susah dibaca, contoh: billboard yang lokasinya abis tanjakan lalu billboard ada pada turunannya, belokan yang cukup tajam, dan lain-lain. hal-hal kaya gitu bisa bikin waktu kesempatan melihat billboard dengan jelas jadi kecil.

3. Content billboard itu sendiri....!!!! kenapa gw kasih tanda seru? Karena menurut gw billboard besar yang ga menarik ga bakal gw liat atau paling liat cuma sekilas ya sudah. Gpp sih pakai billboard kecil tapi buat billboard itu menarik untuk dilihat dari kejauhan dan gampang diliat dengan jelas. Mungkin klo ukurannya kecil susah pakai tulisan, lebih menarik jika buat bentuk dan warna yang eyecatching.Jadi orang tertarik untuk melihat.


Gw sebagai pengguna jalan tol sekaligus konsumen yang mungkin jadi target perusahaan yang masang billboard di jalan tol cuma mau kasih pendapat aja sebenernya. Karena menurut gw banyak yang billboard dijalan tol istilahnya cuma "numpang lewat" dan orang ga peduli sbenernya tentang isi billboard tersebut.

1 comment:

  1. Kapan yah tol Cipali Palikanci dan Kanci-Pejagan ada reklamenya

    ReplyDelete