Tuesday, May 12, 2015

Motor Honda "Irit"




Apa sih yang kalian bayangkan jika dengar motor honda? gw yakin sebagian besar orang langsung berpikir bahwa motor honda itu terkenal dengan iritnya. Hal itu bener banget karena keliatan dari setiap strategi honda, Motor honda meng asosiasikan brandnya sebagai motor yang paling irit dan memang mereka berhasil menanamkan itu kedalam pikiran orang Indonesia.

Setiap orang indonesia yang liat motor honda pasti menganggap klo motor itu lebih irit dibanding yang lain, tapi ada tapinya seberapa irit sih dibanding yg lain?

Disini gw mau ngambil konsep marketing yang namanya absolute threshold, ap an tuh? yaitu energi minimal yang orang rasakan adanya sensasi. Trus apa hubungannya sama motor honda? hubungannya itu seberapa irit honda di banding yang lain contoh nih motor yamaha 1 liter bisa 50km ternyata motor honda lebih "irit" yaitu 1 liter bisa jalan 51km. Memang sih lebih irit tapi apakah 1km lebih irit tersebut bisa membuat sensasi kepada konsumen??Ada banyak banget review orang yang ternyata motor honda itu irit tapi hampir ga beda jauh sama pesaingnya bahkan ada yg malah kalah irit dibanding pesaing. 

Memang sih Honda berhasil membuat brand association yaitu irit, tetapi tetap yang namanya perusahaan yang terpenting adalah produknya... Menurut gw mau marketing sehebat apapun tapi ga didukung dengan produk yang sesuai dengan apa yang dikatakan melalui marketing pasti suatu waktu akan collapse. Hal ini terbukti dari market share Honda yang terus tergerus oleh pesaing-pesaingnya.

Lalu apakah honda akan terus mengatakan bahwa dirinya irit dibanding yg lain?





No comments:

Post a Comment