Tuesday, May 12, 2015

Revenue Stream by branding



Di kelas brand management yang terakhir dengan Rex, gw dijelasin tentang revenue stream. Revenue stream itu gampangnya sumber penghasilan perusahaan seperti penjualan. Lalu dengan branding gw baru menyadari bahwa ada revenue stream tambahan jika sebuah perusahaan punya Brand equity yang baik apa aja sih?


1. Franchise, seperti KFC, McD, dll yang menjual brandnya untuk kemitraan. Kasus jika di Indonesia seperti Kebab turki baba rafi, Sabana Fried Chicken. Brand mereka yang sudah kuat membuat mereka bisa menjual merek mereka untuk melakukan kerja sama dengan orang yang tertarik untuk membeli merek mereka. Hal ini sekaligus membuat perusahaan memperluas cabang mereka dengan melakukan franchise dengan ketentuan tertentu.

2. Menjual produk ke mitra franchise. Perusahaan dapat mendapatkan penghasilan terus menerus melalui mitra franchise yang bekerja sama dengan perusahaan dengan cara membeli terus menerus produk yang dijual ke pusat perusahaan. 

3. Brand Value. Dengan brand yang kuat tentu lebih besar kesempatan perusahaan untuk mendapatkan untung yang lebih dari perusahaan yang brandnya blom begitu kuat.

4. Penjualan merchandise, sebuah perusahaan bahkan bisa menambah produk yang sama sekali tidak ada hubungan dengan produk utama mereka untuk di jual ke pasar dengan cara menaruh brand mereka di produk tertentu seperti gelas, tumbler, mainan, dll. Yang akan membuat org tertarik untuk membeli karena ada merek brand yang kuat tertera di merchandise tersebut.

Mungkin pendapat gw berdasarkan google segitu dulu, semoga bermanfaat thanks.

No comments:

Post a Comment