Wednesday, May 13, 2015

Negative Marketing

Dalam artikel kali ini gw jg mau bahas tipe marketing yang cukup unik yaitu Negative Marketing. Sebenernya menurut gw agak gak etis sih hahahaah, tapi yang namanya strategi marketing ya mau gimana lagi. Perusahaan kaya samsung banyak membuat iklan seperti ini untuk melawan rival terbesarnya yaitu apple dan mereka berhasil menggunakan strategi ini membuat orang penasaran bagaimana produk samsung bisa lebih baik. Ini salah satu commercial samsung yang menggunakan negative marketing


Klo kasus di Indonesia yang menggunakan negative marketing apa sih? Banyak banget dan hampir kita lihat sehari yaitu iklan rokok.



Namun iklan rokok disini menggunakan negativ marketing bukan buat jelek-jelekin brandnya atau competitor lain melainkan untuk menjauhi orang dari merokok, menakut-nakuti sehingga orang tidak mau mencoba rokok.

Kalau menurut gw iklan rokok kaya gini udah ga ada gunanya apa lagi di Indonesia hahahaah, orang udah tau efek yang diakibatkan rokok tapi tetep aja ga peduli karena mungkin kenikmatan merokok lebih dari after effectnya.

Lucu sih memang setelah tulisan-tulisan "menyeramkan" di bungkus rokok di Indonesia diubah oleh kebijakan pemerintah menjadi gambar, tapi ternyata tetep aja gak ada efeknya bahkan malah jadi bahan iklan baru atau lelucon.

No comments:

Post a Comment