Sunday, April 12, 2015

Sharing perusahaan (VALVe)

Minggu ini gw ga akan banyak ngebahas tentang teori tapi lebih ke sharing perusahaan yang menurut gw hebat banget. Pertama-tama siapa sih dari kita yang ga pernah main atau setidaknya mencoba main Counter Strike atau lebih dikenal dengan CS, kayanya umumnya laki-laki pernah main CS. Di balik kesuksesan CS ada perusahaan yang dulu hanya bergerak dalam skala kecil sekarang sangatlah besar, siapa perusahaan itu?


Valve merupakan developer game-game besar seperti CS, DOTA, Half Life, dll. Tapi gw ga akan bahas valve dari sisi developernya, melainkan dari sisi pemanfaatan peluang dan meningkatkan brand equitynya. 
Awalnya cerita valve mengalami kesulitan sangat ingin melakukan update game Counter strikenya yang haru membuat pengguna offline beberapa hari serta valve juga ingin membuat anti-piracy dan anti-cheat software, hal ini membuat Valve ingin membuat sebuah software yang bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan meminta bantuan perusahaan besar seperti Microsoft, Yahoo, dll namun ditolak. Akhirnya Valve bekerja sama dengan Acer dan AT&T, software tersebutpun muncul dengan nama Steam.

Awalnya Steam dibuat untuk melakukan update, anti cheat, anti piracy, dan komponen game tetapi pendiri Valve Gabe Newell melihat peluang bahwa pasar game di PC masih sangat baik (saingan saat itu adalah Playstation, XBOX, Nintendo, dll) disaat banyak industri mengatakan industri PC sudah dewasa dan tidak akan berkembang. Maka Steam mulai bekerja sama dengan developer-developer game untuk menjadikan Steam merupakan pusat game layaknya console seperti PlayStation, banyak masalah dan penolakan yang terjadi pada awal perkembangan steam.



Namun singkat cerita saat ini Steam merupakan platform game terbesar di PC dengan menawarkan lebih dari 4500 games dan menguasai pasar game digital sebesar 70% (dibeli secara online). Pemilik Steam Gabe Newell mengatakan bahwa profit Steam setahun melebihi profit per employee google yang memiliki pendapatan per karyawan 350.000, dengan jumlah karyawan Steam yang berjumlah 250 orang pada tahun 2010 maka setidaknya profit steam pada tahun 2010 adalah 87,5juta dollar US, bahkan ada beberapa pihak yang mengatakan profitnya mencapai 300juta-400juta US dollar.




No comments:

Post a Comment