Saturday, February 21, 2015

Branding Travel

Artikel kali ini terinspirasi dr kebiasaan gw bulak balik jakarta naik travel... Pastinya banyak banget di antara anak Unpar yang naik travel pas mau ke jakarta khususnya emg yang rumahnya di Jakarta, nah setiap orang pasti punya pilihan travel sendiri-sendiri tergantung suatu pertimbangan.

Nah disini gw mau ngebahas bahwa travel ga sekedar anterin konsumen bulak-balik jakarta bandung atau sebaliknya, tiap travel punya keunggulan masing-masing. Sampai saat ini ada banyak travel yang ada, tapi gw mau ngebahas yang umum dipakai orang aja:

  1. Cipaganti
  2. Xtrans
  3. Daytrans
  4. Cititrans
  5. Baraya Travel
Nah dari kelima brand tiap brand tentunya punya cara untuk branding tergantung dengan citra yang ingin di bentuk perusahaan terhadap brandnya, travel di atas masing-masing punya keunikannya sendiri, hal ini terlihat dari fasilitas di tawarkan. 


Cititrans yang punya tagline "Executive Shuttle" dimana emg fasilitas dalam mobilnya sendiri sesuai dengan citra brand yg ingin di bentuk sama Cititrans itu sendiri contohnya tempat duduk tiap mobil merupakan captain seat dan ada charger di tiap tempat duduk, selain itu ada juga travel VIP yang menggunakan mobil khusus (mercedes).



 Lalu Cipaganti punya kelebihan ga cuma travel ke jakarta aja tapi juga ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur (walaupun sekarang harganya paling mahal). Selain itu cipaganti memiliki kelebihan memiliki taksi ditiap poolnya sehingga konsumen tidak sulit mencari taksi setelah sampai tujuan. Cipaganti jg punya mobil travel VIP namun tidak seeksekutif cititrans.



Xtrans punya tagline "Pelopor On Time Shuttle", kelebihannya yang dimiliki yg bikin orang suka naik Xtrans umumnya harganya lebih murah, lalu pool di bandung dan dijakarta tersebar dan banyak, dan yang terakhir menurut gw sih lokasi pool-poolnya ini strategis klo naik transportasi umum. Tempat duduknya sayang agak sempit, tapi sebanding dengan harga dan fasilitasnya. Tidak ada mobil VIP.



Kalau yang satu ini orang banyak kenal karena murah dan cepatnya travel ini mencapai tujuan, tapi dibalik semua itu banyak negatifnya yaitu terkenal sering kecelakaan, dan ngaret "katanya". Gw sendiri cuma pernah sekali naik travel ini dan cukup sekali karena kepepet ga dpt tiket Cititrans, mungkin emang karena yang mau ciptakan baraya ini bahwa dia adalah travel termurah makanya fasilitasnya seperti itu (duduknya aja kaya pepes). Tidak ada fasilitas mobil VIP dan online booking.

Kalau travel yang satu ini jujur gw belom pernah naik dan temen-temen gw pun jarang yang naik daytrans, katanya sih biasanya yang naik ibu-ibu. Lalu fasilitas yang ditawarkan tergolong oke ga se-wah Cititrans dan ga se-buruk Baraya. Keunggulan daytrans ini tiketnya bisa di beli di outlet Seven-Eleven dijakarta mungkin memang target marketnya untuk yang agak kurang ngerti cara booking online atau gimana. 



Nah dari kelima travel diatas keliatan dong branding yang berusaha diciptakan oleh masing-masing perusahaan dengan fasilitas-fasilitasnya, mulai dari yang fasilitas mewah sampe apa adanya yang penting sampai tujuan dengan harga ekonomis. Kalo gw sendiri Prefer Cititrans karena kenyamanan tempat duduk nya yang sendiri-sendiri dan ada chargernya walaupun harganya lumayan mahal dibanding yang lain kecuali Cipaganti.

Sekian dulu artikel gw kali ini thanks, semoga bermanfaat....



No comments:

Post a Comment