Sunday, February 8, 2015

Beda branding dan marketing?

Waktu di kelas gw bingung pas ditanya beda marketing dan branding, nah sekarang setelah mendengarkan materi di kelas gw jadi tau bedanya apa. Dan gw mau share hal ini, mudah-mudahan bisa diterima dengan baik.....




Kalau ditanya beda branding dan marketing maka kita harus melihat tujuan akhir dari masing-masing kegiatan manajemen ini. Untuk marketing tujuan akhirnya ada tiga, apa aja itu?

1. Identifikasi 4C

  • Kompetitor / competitor
  • Perusahaan / company
  • Perubahan / change
  • Pelanggan / customer
2. Melakukan aktivitas (semua dilakukan melalui marketing mix yaitu 7P)
  • Membuat konsumen membeli
  • Beli lagi & sering beli
  • Beli lebih banyak lagi
  • Rekomendasikan ke orang lain
3. Result 
  • Menghasilkan profit
  • Break Even Point
  • Sustainability / Growth


3 point di atas merupakan tujuan akhir dari kegiatan marketing yang dijalankan sebuah perusahaan, lalu apa tujuan akhir dari branding? Di kelas brand management gw selalu dijelaskan dengan jelas bahwa tujuan akhir kegiatan branding itu adalah menciptakan Shortcut, shortcut atau jalan pintas agar kita lebih dahulu dari pada pesaing (bisa dari sisi dipilih konsumen atau yang lain).

Sekian artikel gw kali ini semoga bermanfaat. Thanks

No comments:

Post a Comment