Tentunya tujuan alat ukur ini mengetahui tingkat keberhasilan brand management yang udah kita lakukan. Secara garis besar Key Performance Index ini terdiri dari:
- Awareness; tau ga sih orang-orang tentang brand kita, berapa banyak yang tau.
- Knowledge; pengetahuan orang-orang tentang brand dan produk yang dihasilkan.
- Perceived Quality; apa yang membedakan produk kita dengan pesaing dan pandangan konsumen mengenai brand kita, sehingga konsumen memilih brand kita.
- Loyalty; kesetiaan pelanggan menggunakan produk kita.
- Asosiasi; informasi tentang brand dan perasaan yang ditunjukan konsumen setelah menggunakan produk kita.
Dari setiap KPI diatas masing-masing memiliki manfaatnya masing-masing, menurut Aaker ini adalah manfaat dari setiap KPI:
1. Awareness
- Pilihan brand utama
- konsumen suka karena familiar
- dasar menetukan asosiasi mana yang bisa dilakukan pendekatan
- sinyal komitmen konsumen
2. Knowledge
- menghasilkan competitive advantage
3. Perceived Quality
- memberikan alasan mengapa konsumen harus memilih brand kita
- menentukan harga
- Ekstensi
- Differensiasi
4. Loyalty
- Mengurangi biaya marketing
- Meminimalisir pengaruh pasar
- Menarik minat konsumen baru
- Mempercepat respon jika ada kompetitor baru
5. Asosiasi
- menghasilan differensiasi
- menciptakan perasaan positif dari konsumen
- Membantu memproses dan menerima informasi
- Ekstensi
Mungkin sekian dulu pembahasan kita mengenai KPI dari Brand Equity. Thankssss....
No comments:
Post a Comment