Saturday, February 7, 2015

Brand Equity Key Performance Index & Mengapa berharga?

Sebelumnya gw udah bahas tentang brand equity,semoga kalian ada bayangan tentang apa itu brand Equity. Nah di artikel kali ini gw mau menjelaskan tentang alat ukur brand equity yang di artikel sebelumnya udah gw kasih tau secara singkat.





Tentunya tujuan alat ukur ini mengetahui tingkat keberhasilan brand management yang udah kita lakukan. Secara garis besar Key Performance Index ini terdiri dari:

  1. Awareness; tau ga sih orang-orang tentang brand kita, berapa banyak yang tau.
  2. Knowledge; pengetahuan orang-orang tentang brand dan produk yang dihasilkan.
  3. Perceived Quality; apa yang membedakan produk kita dengan pesaing dan pandangan konsumen mengenai brand kita, sehingga konsumen memilih brand kita.
  4. Loyalty; kesetiaan pelanggan menggunakan produk kita.
  5. Asosiasi; informasi tentang brand dan perasaan yang ditunjukan konsumen setelah menggunakan produk kita.

Dari setiap KPI diatas masing-masing memiliki manfaatnya masing-masing, menurut Aaker ini adalah manfaat dari setiap KPI:

1. Awareness
  • Pilihan brand utama
  • konsumen suka karena familiar
  • dasar menetukan asosiasi mana yang bisa dilakukan pendekatan
  • sinyal komitmen konsumen
2. Knowledge
  • menghasilkan competitive advantage
3. Perceived Quality
  • memberikan alasan mengapa konsumen harus memilih brand kita
  • menentukan harga
  • Ekstensi
  • Differensiasi
4. Loyalty

  • Mengurangi biaya marketing
  • Meminimalisir pengaruh pasar
  • Menarik minat konsumen baru
  • Mempercepat respon jika ada kompetitor baru
5. Asosiasi
  • menghasilan differensiasi
  • menciptakan perasaan positif dari konsumen
  • Membantu memproses dan menerima informasi
  • Ekstensi

Mungkin sekian dulu pembahasan kita mengenai KPI dari Brand Equity. Thankssss....

No comments:

Post a Comment