Saturday, March 7, 2015

Fungsi Brand Equity (bagi konsumen)




Pada suatu hari, gw jalan2 ke ITC cempaka mas di jakarta (klo di bandung mirip BEC) untuk beli HP gantiin HP gw yang lama. Klo gw sendiri udah ada tujuan HP yang akan gw beli, tapi yang menarik disini adalah ibu-ibu di samping gw yang juga lagi nyari HP tanpa HP inceran. Si ibu ini nanya-nanya hape yang bagus dengan harga sekitar 1juta atau 2juta- an gw lupa persisnya brp, maka si pegawai toko HP nyaranin beberapa pilihan yang kebetulan gw sambil nguping nih, pilihan-pilihan yang dikasih ke ibu ini ada XiaoMi, Samsung, Mito, Cross, LG, sama Nokia. Si ibu ini konsultasi beberapa hal tentang hape-hape yang udah disarankan. Pada akhir cerita si ibu ini akhirnya ngomong "yang samsung aja deh mas, nanti yang lain baru bentar pake udah rusak lagi." dari kata-kata tersebut gw teringat sama topik bahasan tentang brand equity pas kelas, tepatnya salah satu fungsi brand equity for consumer.


Apa aja sih Fungsi brand equity for consumer ??

  1. Interpretation / Processing of Information
  2. Confidence in purchase decision
  3. Use Satisfaction

Yg gw bold di atas merupakan salah satu fungsi brand equity yang kuat bagi sebuah konsumen dalam menentukan sebuah pilihan produk dari beberapa merk yang ada. Ibu tersebut memilih samsung karena yakin mungkin karena persepsi dia terhadap samsung sudah baik, mungkin persepsi dia didapatkan melalui pengalaman menggunakan ataupun word of mouth dari teman-temannya ataupun Awarenessnya terhadap merk lain tidak begitu baik, yang membuat ia akhirnya memilih samsung. 

No comments:

Post a Comment