Thursday, March 12, 2015

If you love it, protect it




Kalian pasti tau logo diatas kan? Minuman bersoda yang ada dimana-mana hampir di seluruh negara ada. Coca-cola atau coke atau cola terkenal  diseluruh dunia bukan dengan cara yang mudah, coca-cola mempertahankan brand equity yang ia miliki dengan cara yang unik-unik. berbagai macam cara digunakan untuk menjaga essensi dari coca cola itu sendiri mulai dari desain botol yang unik dan campaign yang unik.

Apa aja sih cara-cara unik yang dilakukan coca-cola untuk mempertahankan brand equitynya??

1. Desain botol yang unik, dengan desain seni untuk seri diet coke

2. Vending machine unik, vending machine unik ini membutuhkan dua orang untuk dapat membeli coca cola dari vending machine ini. Tampaknya coca cola ingin menonjol kan brand essence mereka yaitu friendship.

3.  Tutup botol Friendship, botol unik ini harus dibuka dengan cara di tempelkan dengan tutup botol coca cola lain, sehingga orang yang membeli dipaksa untuk meminta tolong orang lain yang juga membelinya agar bisa meminum coca colanya. Tujuan dari tutup botol unik ini sama dengan frienship machine yaitu menonjolkan essensi friendship.
4. Label botol unik, lagi-lagi essence friendship yang ingin ditonjolkan oleh coca cola. Dengan memberi label nama-nama pada label botol pembeli diajak untuk memberikan coca cola kepada orang yang namanya tertera pada botol.

5. Marketing lewat film, mungkin ini film pertama yang secara gak langsung mengandung unsur marketing. Menurut gw ini cara campaign coca cola yang sangat unik dan sukses. Film nya cukup ngetop pada zamannya.

6. Free coca cola for dancing, disini coca cola mencoba menarik perhatian dengan cara kita di suruh joget mengikuti layar jika Score kita mencapai angka tertentu kita akan mendapatkan coca cola gratis. Cara ini sukses banget menarik perhatian orang yang kebetulan lewat mesin ini ataupun orang yang coba sangat banyak.





Strategi-strategi marketing di atas adalah cara yang menarik menurut gw, melalui campaign-campaign di atas coca cola sampai sekarang bisa mempertahankan brand equitynya dengan cara out of the box. 

sekian dulu artikel gw kali ini.... BE DIFFERENT!!!

No comments:

Post a Comment