Friday, March 13, 2015

Endorsers Vs Advocate




Gw mulai artikel ini dengan dua buah posting instragram dari dua orang temen gw,  apa sih bedanya kedua gambar tersebut (dilihat dari contextnya)??????
Dari dua gambar tersebut apakah kalian tau yang mana brand endorser yang mana brand advocate?
Melalui artikel ini gw mau menjelaskan tentang brand advocate VS brad endorser....



Brand endorser / endorsement merupakan orang yang dibayar untuk mempromosikan produk suatu perusahaan agar teman-teman / follower si endorser bisa melihat dan tertarik untuk membeli produk mereka.
VS

Brand advocate adalah orang yang dengan sukarela dalam hal social media mem-posting suatu produk yang mereka konsumsi karena mereka merasa puas (baik dengan bentuk, rasa, manfaat, dll), sehingga teman-teman mereka bisa melihat dan tertarik.


Dari kedua definisi diatas kelihatan yang mana lebih effektif bagi sebuah perusahaan. Seorang brand advocate yang rela memposting berarti mereka merasa satisfied dalam segi konvensional berupa word of mouth, oleh karena itu kepuasan konsumen sangat penting...

Lalu apa hubungannya dengan Brand management???
Kita tahu bahwa setiap kegiatan marketing maka secara langsung atau tidak langsung brand pun selalu ikut kedalamnya... Brand endorser bisa membantu perusahaan untuk "mendongkrak" brand equity sebuah brand seperti meningkatkan awareness, association, dan perceived quality.
Dan apa sih yang paling penting?????? Brand endorser itu sama aja dengan promosi gratisssss, Tanpa ada biaya apapun yang dikeluarkan perusahaan.



Dalam sebuah survey dinyatakan bahwa seorang brand advocate jauh lebih dipercaya dibandingkan dengan Brand model, brand endorser, celebrity, Blogger, dan lainnya. Seorang brand advocate dapat memberikan rekomendasi ke orang lain, memberikan informasi yang lebih kredibel, dan menciptakan positive impression untuk sebuah brand.



Brand advocate dapat menarik konsumen lainnya, berupa teman si advocate untuk mencoba produk yang ia rekomendasikan, dan biasanya teman-teman si advocate lebih percaya dengan dirinya dibanding dengan endorser atau blogger.
Akhir kata, menciptakan brand advocate untuk sebuah brand sangatlah penting bahkan merupakan kewajiban dengan menciptakan advocate perusahaan bisa mencapai Goals perusahaan dengan lebih efektif.


Thanks

No comments:

Post a Comment