Saturday, March 14, 2015

New marketing mix concept

Artikel kali ini mungkin lebih mengarah kepada kegiatan marketing, tapi di era sekarang yang udah serba digital ini konsep marketing mix yang baru ini sangat penting supaya brand kita tidak kalah bersaing dengan brand lain.



Dalam konvensional marketing 4P sangatlah penting untuk menciptakan customer value untuk dapat memuaskan konsumen, namun seiring berkembangnya teknologi 4P saja tidak cukup untuk mendapatkan kepuasan konsumen. Ogilvy memperkenalkan 4E yang dapat melengkapi 4E, apa itu ?

From Product to Experience : produk bagi sebuah perusahaan merupakan senjata untuk memenangkan kompetisi, pengembangan, keunikan, fitur, dll menentukan produk siapakah yang paling unggul. Sekarang hanya sekedar produk saja tidak cukup, pernahkah kita berpikir tentang Online shop yang ada di Indonesia seperti Lazada, OLX, Elevenia, dll ??? Produk yang mereka jual tidak beda dari yang ada di toko-toko di mall, lalu apa yang mereka tawarkan?? Pengalaman berbelanja dengan mudah, cepat, tidak perlu datang ke lokasi.

From Price to Exchange : Konsumen harus membayar untuk mendapatkan suatu produk yang ia butuhkan dalam bentuk uang atau cost. Saat ini konsumen tidak hanya membutuhkan sekedar uang, tapi membutuhkan informasi yang dapat dicari melalui internet. Dalam kegiatan Exchange ini, kita bisa mengukurnya melalui seberapa besar sih perhatian orang bersedia untuk mencari informasi tentang suatu produk, ataupun relakah konsumen kita untuk men-share kan pengalaman berbelanjanya atau produknya di media social??

From Promotion to Engangement : Promosi disini masih memiliki kemiripan dengan engangement hanya saja perbedaan yang melakukan promosi. Promosi dilakukan oleh perusahaan, Engangement dilakukan oleh customer kita melalui word of mouth di social media ataupun di kehidupan nyata.

From Place to Everyplace : Maksud everyplace disini bukanlah cabang suatu perusahaan harus banyak ada dimana-mana, tiap kota ada, tiap negara ada, BUKAN!! Tapi maksudnya perusahaan harus ada dimana konsumen berada, tidak harus dengan toko atau kantor fisik untuk berkomunikasi dengan konsumen. Manfaatkan social media yang ada untuk berkomunikasi dengan konsumen dimanapun mereka berada, account berbagai social media dapat digunakan untuk mendekatkan diri kepada konsumen



The 4E are not replacing the conventional 4P of marketing mix





No comments:

Post a Comment