Saturday, March 7, 2015

Fungsi Brand equity (bagi perusahaan)


Salah satu booth advan di cempaka mas

Nah gw mau lanjutin aja nih kasus sebelumnya pas di cempaka mas, gw juga melihat banyak stan-stan hape yang promosi khususnya klo lagi ada produk keluaran baru dari merek mereka. Merk handphone seperti Mito, Cross, advan dan merek lokal lainnya. Dalam pikiran gw hebat banget mereka baru keluar stan promosinya gede-gede banget, nah setelah gw blajar fungsi brand equity bagi perusahaan gw baru sadar ternyata stan gede itu menandakan bahwa mereka buat stan besar agar menarik konsumen, menciptakan brand equity untuk perusahaan mereka sendiri dengan biaya yang tentunya ga murah.

Salah satu fungsi dari brand equity yang kuat bagi perusahaan adalah Efficiency & Effectiveness
of Marketing Programs, dimana di sini maksudnya adalah perusahaan dengan brand equit yang kuat tidak perlu mengadakan promosi sebesar yang dilakukan perusahaan dengan brand equity yang belum kuat. Contohnya ga pernah liat booth / stan apple kan di Indonesia, ataupun samsung yang kadang masih pake booth tapi cuma secuil tempatnya, dan promosi mereka tidak ada yang gila-gila an seperti merk gadget lokal kecuali untuk melawan kompetitor yang sebanding.



Bahkan gw search booth samsung di cempaka mas ga ada hasilnya di google, mereka melakukan promosi dengan cara lain yang biayanya lebih murah namun lebih efektif contoh lagi booth gadget lokal yang segede gaban aja bisa kalah rame dibanding booth samsung yang cuma kecil. Biasanya mereka numpang promosi dengan toko Gadget seperti erafone, toko PDA, dll dimana produk mereka banyak dijadikan display dibanding merk lain. Dengan biaya yang lebih murah dampaknya bisa lebih besar bagi perusahaan.

Ada beberapa fungsi brand equity kuat selain yang gw bahas diatas, yaitu:
1. Efficiency & Effectiveness of Marketing Programs
2. Brand Loyalty
3. Prices/Margins
4. Brand Extensions
5. Trade Leverage
6. Competitive Advantage


Sekian dulu pembahasan tentang fungsi brand equity dari perusahaan, thanks

No comments:

Post a Comment