Sunday, March 15, 2015

Declining Brand

Kali ini gw mau curhat tentang brand yang lagi turun padahal dulu boomingnya gila-gilaan di Indonesia, gw mau berikan pendapat sekaligus analisa singkat gw berdasarkan Aspek brand equity...
Brand yang gw jadikan objek kali ini adalah Blackberry.


Pasti gw yakin sebagai orang Indo hampir semuanya merasakan "demam" Blackberry atau bahkan kita sempat menggunakan Blackberry, tapi gmn nasib blackberry sekarang?? Memang sih dulu banyak banget yang pake blackberry tapi sekarang ini banyak juga yang mengganti Blackberrynya ke Android. Gw mau bahas penurunan blackberry melalui aspek-aspek yang ada di Brand Equity nih, yuk mulai....

1. Brand Awareness
Kalo menurut gw sendiri faktor brand awareness dari blackberrry hanya memiliki pengaruh kecil dalam penurunan blackberry sendiri, gw yakin hampir semua orang tahu blackberry cuma beli apa enggaknya sih beda cerita yaaa...

2. Brand Loyalty 


Dari sisi brand loyalty, dari riset singkat yang gw cari di internet blackberry sampai saat ini menurun terus menerus. Loyalty dari pengguna blackberry semakin lama semakin hilang. Menurut gw ini salah satu faktor mengapa blackberry makin terpuruk, tapi apa ya yang buat loyalitas konsumen BB hilang??

3. Perceived Quality


Ini nih yang menurut gw ga di maintain sama blackberry, di tengah perkembanan jaman khususnya didunia smartphone dimana Handphone android saling berlomba mengejar konsumen dengan spesifikasi smartphone gila-gilaan dilain sisi blackberry menurut gw speknya biasa-biasa aja. Dengan harga yang sama dengan BB tertentu lu bisa dapeting android dengan spesifikasi gila jauh di atas blackberry itu sendiri. Intinya orang melihat bahwa kualitas blackberry semakin menurun....

4. Brand Association
Klo dari yang gw liat blackberry mengasosiasikan dirinya sebagai smartphone untuk bisnis. Tapi menurut gw kurang tepat, kenapa?? Memang di USA blackberry digunakan untuk kalangan business man tapi contoh gampangnya di Indonesia blackberry tidak mengasosiasikan dirinya dengan tepat. Blackberry malah banyak dipakai oleh kalangan remaja padahal Indonesia merupakan salah satu market terbesar blackberry saat itu, oleh karena itu saat android muncul yang dimana lebih fun, lebih bebas, lebih menjanjikan pasar lebih memilih android karena pasar yang muncul seperti di Indonesia hanya karena booming sesaat padahal asosiasinya ga tepat. Maka pasar pun pada berlarian ke merk lain.

5. Other proprietary assets (Competitive advantage, Patents, etc)
Ini juga yamg menurut gw salah banget dari blackberry, dulu alasan terkuat kita pakai Blackberry adalah fitur BBM, tapi sekarang BBM udah ada diplatform manapun, Trus apa kelebihan blackberry??????!!!??? Emg sih katanya BBM di blackberry lebih bagus, tapi menurut gw Competitive advantage itu ga bisa mengalahkan competitive advantage yang dimiliki kompetitor seperti apple, atau samsung. Bahkan beberapa paten blackberry sudah dijual ke samsung... lalu apa yang bisa di "banggakan" dari blackberry???



Sekian dulu deh analisa singkat gw tentang blackberry....


No comments:

Post a Comment