Saturday, March 14, 2015

Brand Positioning, Essence, Identity



 Brand positioning, Brand Essence, Brand identity. apa sih beda ketiganya???  Mungkin klo bagi yang ga tau ketiganya mirip2, lalu apa yang bedain, gmn cara membedakannya....


1. Yang pertama positioning, brand positioning itu menempatkan brand dari sisi konsumen, mau dilihat sebagai apa brand kita dan membuat produk sesuai yang diingginkan konsumen. Sehingga brand positioning bisa di bilang Reason To Buy nya konsumen 
Contoh : 

  • AirAsia, CitiLink, dll memiliki positioning sebagai low cost carrier
  • Garuda Indonesia punya positioning 5 Star Indonesian airlines
  • Suzuki Ertiga, Toyota Innova, memiliki positioning sebagai mobil keluarga indonesia




2. Lalu brand Essence, kita harus menempatkan diri sebagai produsen untuk menciptakan essensi apa yang kita inginkan dari produk yang kita jual ke masyarakat.
Contoh :

  • AirAsia, CitiLink, dll memiliki essence bahwa produk mereka simple, mudah dibeli (simplicity)
  • Garuda Indonesia memiliki essence unforgettable flying experience
  • Lalu Innova, Ertiga memiliki essence kebersamaan didalamnya


3. Yang terakhir adalah brand identity merupakan karakteristik manusia yang dapat diatributkan kepada suatu brand - Keller. Didalamnya dibagi menjadi lima bagian yaitu Sincerity, Excitement, Competence, Sophistication, dan Ruggedness.
Contoh :
  • Identitas airasia adalah Sincerity (Down to Earth), dan Competence (reliable)
  • Identitas Garuda Indonesia adalah Sophistication (Upper Class), dan Competence (reliable)
  • Identitas Innova adalah sincerity (Cheerful)

Sekian dulu mungkin artikel gw untuk membedakan positioning, essence, dan identity. Thanks





No comments:

Post a Comment