Saturday, April 4, 2015

Branding Sales

Setelah dua minggu gw cuti bikin blog karena UTS, sekarang gw mau mulai lagi nih menulis blog "tercinta". Artikel kali ini gw mau bahas tentang branding yang berujung akan sales namun berbeda dengan marketing.


Dalam proses Sales tentu ada proses yang harus diajalani seperti Review market, STP, dll. Proses yang tepat akan membuat konsumen merasa senang, nyaman, menganggap produk tsb worth it akhirnya akan terjadi sales. Nah Sales ini bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda:

1. Yang pertama adalah dengan cara yang bisa dirasakan, dibandingkan, dan dilihat. Cara ini merupakan marketing mix yang berisi dari product, place, price, promotion, process, people, dan physical evidence. Cara ini merupakan marketing konvensional yang sampai sekarang masih dipakai.

2. Lalu yang kedua adalah dengan cara Branding, membentuk brand equity yang kuat sehingga membuat nilai lebih bagi konsumen yang menggunakan produk berlabel brand tertentu. Branding mengangkat sales yang terjadi dari sisi emosional konsumen. Contohnya paling gampang ya tentu produk apple, banyak orang beli iPhone atau macbook bukan berdasarkan fungsi atau teknis tetapi klo pake produk apple itu terlihat berkelas ataupun meningkatkan pride.



Gw baca artikel dari internet yang cocok untuk artikel gue kali ini, ini dia : HeadPhones article
Sesuai dengan artikel yang gw kasih, Branding telah membuat  orang tidak melihat fungsi headphone yang sebenarnya "Today, the audio industry is saturated with marketing. Clueless consumers snap up name-brands at $300+ price points while merrily scrolling past better, cheaper pairs. The problem? We’re conditioned to shop by brand, rather than by true audio experience." 

Sebuah industri yang sudah tersaturasi dengan kegiatan branding akan membuat perusahaan mendapatkan untung yang lebih karena nilai mahal produk yang dibuat bukan berdasarkan Cost dalam membuat produk tersebut melainkan nilai brand yang tertera pada produk tersebut.

Nah tugas brand management disini tentu mencari "Gap" yang ada melalui review market jika terjadi Gap yang sangat besar maka perlu dilakukan re-branding agar tercipta brand yang kuat sehingga Sales terjadi.



No comments:

Post a Comment