Saturday, January 31, 2015

It's all about Apple

Sesuai dengan janji gw diartikel sebelumnya nih, gw mau ngebahas lebih jauh tentang Apple. Tapi Apple yang gw maksud disini bukan gw bahasa dari sisi teknologi ataupun gadgetnya, tapi dari sisi brand tentunya.

Siapa sih yang gak tau Apple? Brand dengan produk gadgetnya yang terkenal inovatif dan premium. Walaupun dari sisi gadgetnya gw lebih suka produk kompetitornya, tapi jujur gw kagum banget sama brand yang satu ini dari sisi "menghipnotis" pelanggan setianya untuk terus membeli produk apple gak peduli itu barang mahal ataupun ga secanggih kompetitornya.
Kalo ngomong-ngomong soal apple meng"hipnotis" pelanggannya tentunya ini ga gampang awal mulanya, apple mulai terkenal dan booming mungkin kira-kira tahun 2000an kali ya walau sebenernya udah ada sejak tahun 1976. Apple mulai bikin orang-orang tertarik pastinya gara-gara produk buatannya yang terkenal inovatif ga ada kompetitor lain yang buat pada masanya.



Nah, karena produknya yang aneh-aneh dan inovatif itulah makanya apple menurut gw mulai tuh mendapatkan hati pelanggan-pelanggan setianya bukan dengan cara instan tentunya, sampai akhirnya apple booming gara produk iPod dan iPhonenya. 

Sekarang menuju ke hal yang bikin gw kagum sekaligus agak ga suka sama apple. Pertama yang bikin gw kagum dulu deh.... Apple dari sejak booming sampe sekarang wah gila banget hampir setiap produk yang dia keluarin dicari orang sampe rela ngantri berjam-jam di Storenya dan hal ini terjadi diseluruh dunia, gw sendiri sampe sekarang masih bingung gimana sih cara apple bikin orang rela kaya bgitu untuk beli produk dengan logo apel kegigit, padahal kompetitor gadget lainnya besar-besar loh tapi tetep aja apple sampe sekarang masih maju terus. Rasanya brand apple itu dibenak orang-orang punya tempat khusus, walaupun harganya selangit tapi tetep aja rasanya apel itu lebih dari pada yang lain. Value added sebagai barang premium emg udah ditanamkan sama apple ke produknya dan sampe sekarang blom ada gadget lain yang bisa punya feel kaya pegang barang apple.



Nah sekarang ke hal yang gw ga suka dari apple, belakangan ini berasa ga sih Apple udah kurang sisi inovasinya? Malah sekarang kayanya ada beberapa produk apple yang ngikutin kompetitornya, memang sih apple build qualitynya baik. Tapi gw merasa seolah-olah itu apple memanfaat pelanggan setianya itu untuk terus beli produknya yang sebenernya kompetitor lain ga kalah bagusnya, kata kasarnya "membodohi" pelanggannya. Emang hal ini ga mempan ke sebagian besar pelanggan setia apple, mereka ga peduli tentang berita buruk tentang apple dan produknya tetep aja dibeli terus. Nah balik lagi hal inilah yang gw kagumin dari apple sampe sekarang.

Ke bagian akhir curhat, gw sih berharap apple kedepannya bisa kembali lagi bikin produk yang "wah", ga terpikir sebelumnya, sehingga tahta apple yang terkenal inovatif itu ga di rebut kompetitor lain kaya Samsung, LG, Sony, dll. Kalo apple begini terus lama-lama kayanya bisa kalah sama pesaing koreanya yang sekarang udah banyak ngambil pasar apple sampe apple kewalahan lawannya, lalu nanti pelanggan setianya mungkin akan "sadar" telah di "bodohi" sama si apple ini dan berpindah kelain hati HAHAHAAHA......... 

Pesan tambahan dari gw, artikel di atas adalah murni pandangan gw terhadap brand apple bukan jelek-jelekin apple. Jadi klo ada yang berbeda pendapat ya harap maklum... Thanks




No comments:

Post a Comment