Thursday, January 29, 2015

Brand, What is & What for?




Sebelum gw mulai tulisan gw yang pertama mungkin lebih baik gw perkenalkan diri dulu, seperti yang ada di profile blog gw nama gw adalah Peter. Tujuan gw buat blog ini sebenernya buat tugas Mata Kuliah Brand Management yang mudah-mudahan bisa lanjut trus ga cuma sampe Mata kuliahnya beres hehehe, oh iy Blog ini akan berisi artikel-artikel yang gw tulis sendiri menurut pandangan gw and it's all about brand. Jadi perkenalan singkatnya udh cukup deh... gw jg ga tau mau basa basi apa lagi jadi langsung aja ke Topic utama.............


Apa sih brand??? Jujur gw klo di suruh jelasin secara orang intelek juga bingung mau ngomong apa an, klo bodohnya sih emang merk artinya, cuma ga mungkin gw cm nulis brand = merk jadi dsini gw mau nyoba jadi orang intelek dikit-dikit WKWKWKW :D.

Disini gw mau tulis basic banget tentang brand menurut pikiran gw sendiri tanpa googling tanpa info dari mana-mana, so ya ini bener2 pendapat gw tentang brand dari selama ini gw kuliah di UNPAR Bandung.
Ok balik lagi, Brand itu kalo menurut gw :

  • Identitas Perusahaan, maksudnya apa an nih? Maksud gw dsini Brand itu yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain padahal kita cuma liat Logo atau tulisan atau suatu warna yang di pake sama logo itu perusahaan. Taukan beda McD sama KFC dari cuma liat logonya? itulah maksud gw.
  • Karakteristik perusahaan. Brand dibuat perusahaan pasti ga cuma asal, pasti sesuai dengan design perusahaan dengan maksud tertentu entah itu dari bentuk tulisannya, warnanya, logonya, dll. Selain itu karakteristik brand juga terbentuk dari proses (klo menurut gw sih), jika diliat dari proses karakteristik brand itu terbentuk dari apa sih yang dia jual, barang murah/mahal, strateginya gimana? nah jadi karakteristik brand juga dibentuk oleh konsumen/kustomer yang nikmatin produk perusahaan itu sendiri. Contoh gampang deh biar ngerti komat-kamit gw, gw ambil contoh salah satu brand besar yang pasti smua orang tau karakteristiknya yaitu Apple, pasti dibenak orang-orang ini brand terkenal dengan produk mahal, bagus, inovatif, dan apapun itu tergantung orang-orang liatnya gimana.
  • Nilai tambah. Nah disini gw jg gunain apple deh biar gampang. Singkatnya dsini maksud gw taulah ya klo beda pake Apple sama anggaplah XiaoMi deh, rasanya... agak-agak gimana gitu kalo orang lain liat kita pake Apple atau XiaoMi..... ya itu yang gw maksud nilai tambah sebuah brand. Nanti gw bahas lebih lanjut tentang Apple di artikel selanjutnya hehehe..
  • Penentu minat konsumen. Untuk yang satu ini gw jelasin sebisa gw, mungkin paling gampang ambil contoh barang-barang cewe deh seperti Fashion (Zara, Bershka, Stradivarius, dll) atau perawatan tubuh (Body Shop, Kiehl, Bath&Body Works, dll). Klo cewe ditanya brand2 di atas pasti tau deh yang mana sih yang dia suka yang dia cocok atau ga, yang mana yang bahannya lebih oke wanginya lebih oke. Maksud gw lebih berhubungan ke karakteristik dari produk yang dihasilkan brand itu sendiri yang mempengaruhi minat konsumen terhadap suatu brand

Mungkin itu sebagian kecil dari pandangan gw tentang apa sih brand itu, gunanya apa an sih. Sebenernya masih banyak banget cuma gw ga kepikiran aja. Mungkin next time bakal gw tambah-tambahin klo kepikiran lagi. 

Semoga ngerti maksud gw di atas ye.... Thanks for reading bro














No comments:

Post a Comment