Saturday, January 31, 2015

Gedein brand, gunanya apa?





Sekarang gw mau lanjutin tulisan gw nih mengenai brand, sekarang gw mau ngebahas tentang apa sih gunanya sebuah brand jika sudah besar? Wah ini sih pasti sebagian besar orang mungkin tau gunanya apa... tapi gw mau coba lebih detail lagi jelasin gunanya brand besar itu apa sihhh.

Langsung mulai aja deh;



  1. Brand lo dikenal hampir semua orang di seluruh dunia. Liat aja brand-brand yang gw ada di gambar di atas yang gw ambil dari google, pasti semua orang tau itu brand apa. Bayangin aja kalau lu punya merk yang go international, seberapa besar keuntungan yang lo miliki (ga cuma dari sisi financial).
  2. Semakin besar brand lo, semakin besar keuntungan yang bisa lo ambil dari produk yang lo tawarkan. maksud gw di sini adalah lo bisa menciptakan image brand lo adalah brand premium yang menjual barang berkualitas, pertama-tama mungkin lo bisa jual barang dengan keuntungan yang standar tapi seiring makin bertumbuhnya brand lo bisa naikin harga produk lo. Hal ini dikarenakan orang akan rela membayar lebih untuk brand yang dimata konsumen itu mengandung "prestige" lebih, walaupun disisi cost lu sebenernya ngeluarin cost yang sama aja.
  3. Kepercayaan investor . Ga mungkin jaman sekarang orang bisa dengan mudah menanamkan modalnya di perusahaan kita kalo perusahaan kita ga memiliki masa depan cerah, brand besar merupakan salah satu modal mendapatkan kepercayaan dari investor-investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan kita. Kita bisa membuat perusahaan kita menjadi perusahaan terbuka dan mendaftarkan perusahaan kita di bursa efek untuk go publik, sehingga transaksi produk efek bisa terjadi dengan lebih mudah.
  4. Loyalitas pelanggan. Dengan brand kita menjadi besar maka semakin besar pula manajemen yang harus kita lakukan, hal ini juga terkait dengan kualitas yang kita tawarkan ke pelanggan kita. Dengan mengelola brand kita dengan baik, memperlakukan kustomer layaknya raja maka akan timbul loyalitas pelanggan terhadap produk yang kita tawarkan. Hal ini akan mempengaruhi masa depan brand yang kita miliki agar dapat bersaing dengan kompetitor besar lainnya.
  5. Meningkatkan Daya Saing. Sebagai pemilik sebuah brand kita harus sadar dengan kemampuan yang kita miliki, sadar kapan harus melawan brand besar lainnya. Tidak mungkin jika kita tidak memiliki sumber daya yang cukup kita beranikan diri untuk melawan brand besar, dengan menumbuhkan kemampuan brand kita maka kita bisa menciptakan competitive advantage yang tidak dimiliki brand lain.

Segitu dulu kaliyah, kalo temen-temen punya ide tambahan lain apa guna brand besar, hubungin gue aja nanti gw tambahin pendapat temen-temen. Sekian dulu, tunggu artikel gw selanjutnya ya.........

No comments:

Post a Comment